SEO ( SEARCH ENGINE OPTIMIZATION )
PENGERTIAN.
Search
Engine Optimization, biasa disingkat SEO adalah serangkaian proses yang
dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan
kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu
dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin
pencari tersebut.
TUJUAN.
Tujuan dari
SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya
halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang
ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil
pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
MANFAAT SEO BAGI BISNIS.
1. Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis
Halaman
website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat
yang baik juga di mesin pencari, misalnya Google.
Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk
mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar.
Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer
bisnis Anda.
2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda
Brand Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk
mengenali maupun mengingat sebuah merek. Semakin terkenal sebuah merek pada
niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin besar.
Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah bisnis.
Salah satunya adalah dengan optimasi website di mesin pencari (SEO).
3. Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis
Banyak pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk
memasang iklan di berbagai media periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan
data kontak (email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon customer ataupun
pelanggan setia bisnis mereka. Apa manfaat data kontak ini? Dengan mengetahui
data calon customer maka akan lebih mudah untuk menghubungi mereka ketika
kita mengeluarkan produk baru atau ingin memberikan penawaran promosi khusus
untuk menjual produk lama. Intinya, kita tetap bisa terhubung dengan customer
setiap saat.
KEGIATAN DALAM SEO.
Di dalam strategi SEO,
ada dua hal PENTING yang harus dikerjakan oleh seorang internet marketer,
yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page.
1. Apa Itu SEO On Page
SEO On Page adalah
sebuah upaya optimasi website yang dilakukan dari sisi website itu sendiri.
Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh seorang pemilik website/
webmaster dengan mendesain website yang SEO Friendly. Beberapa elemen penting
yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:
- Membangun website dengan
struktur yang baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat
- Menggunakan Title Tag yang baik
untuk homepage dan judul konten
- Menambahkan description yang
relevan dengan website
- Membangun konten yang bermanfaat
bagi audiens
- Mengatur URL (permalinks) yang SEO
Friendly
- Menggunakan Heading dengan
baik (H1, H2, H3, H4)
- Mengatur navigasi website sebaik
mungkin
- Membangun internal links
- Menambahkan keywords pada
penamaan gambar/ image
- Dan lain-lain
Yang Harus Dihindari Saat Melakukan SEO On-Page
Saat melakukan
optimisasi di-halaman, sikap yang diambil haruslah proporsional dan
profesional, tidak berlebih-lebihan. Karena kalau tidak, maka boro-boro Anda
mendapat nilai yang positif dari aktifitas SEO on-page Anda, malahan situs atau
halaman web Anda itu bisa-bisa mendapatkan filtering (peringkat
melorot), diganjar penalty (tidak ditampilkan di mesin pencarian
untuk sementara sampai Anda meminta kepada Google untuk mengembalikannya di
hasil pencarian), atau bahkan di-banned (situs dilarang atau dibuang dari
indeks mesin pencari kalau terus menerus ketahuan Google melakukan pelanggaran
optimisasi di-halaman). Aktifitas yang berlebihan atau melampaui batas ini,
biasanya karena para SEO melakukan optimisasi hanya untuk mesin pencari (yang
acapkali melanggar ketentuan dan aturan Google), bukan pengunjung internet .
Praktek optimisasi di-halaman yang terlarang ini dinamakan praktek black hat
(topi hitam).
Contoh Aktifitas Black
Hat Pada SEO On-Page:
- Penggunaan
kata kunci yang berlebihan di elemen-elemen situs atau halaman web (keyword
stuffing)
- Menggunakan
warna huruf yang sama dengan warna background halaman web (hidden texts)
- Membuat
isi halaman web dengan alat bantu secara otomatis (auto generated content atau AGC),
- misalnya: menduplikasi
artikel dengan alat bantu perangkat lunak tanpa mengecek kualitasnya lagi
artikel-artikel yang baru (content spinning)
- membuat
halaman web dengan mengambil potongan-potongan teks atau gambar dari
situs-situs lain bukan miliknya (content stealing) lalu menggabungkannya
menjadi halaman web miliknya (content scrapping)
- Menyalin
isi milik orang lain (plagiarism)
- Membuat
halaman yang berbeda untuk mesin pencari dan pengunjung (cloaking)
- Mengganti
isi halaman secara keseluruhan setelah halaman tersebut mendapat ranking
di SERP (swapping)
- Membuat
sebuah halaman-halaman khusus untuk menarik perhatian mesin pencari, namun
mengarahkan pengunjung manusia ke halaman yang lain (doorway pages)
2. Apa Itu SEO Off Page
SEO
Off Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website
yang dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya sudah bagus
perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri. Optimasi off
page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain
menuju website yang dioptimasi. Beberapa jenis links yang biasa dibangun
untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain:
- Links
dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
- Links
dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
- Links
dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan
lain-lain)
- Links
dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
- Links
dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
- Links
dari website yang menerima guest blogger , DLL.
JENIS OPTIMASI PADA SEO.
Secara umum, ada dua
jenis optimisasi pada SEO. Yang pertama adalah Optimisasi Halaman atau
Optimisasi Di-Halaman (SEO On-Page) dan yang kedua adalah Optimisasi
Di Luar-Situs (SEO Off-Site).
Namun secara lengkap
sebenarnya ada 2 jenis optimisasi lainnya yang seringkali dipisahkan dari dua
jenis optimisasi utama di SEO. Dua optimisasi lainnya tersebut adalah Optimisasi
Domain dan Optimisasi Kata Kunci dan Lainnya. Bersama-sama Optimisasi
Luar-Situs, kedua jenis optimisasi ini termasuk dalam kategori optimisasi
tingkat lanjut.
Berdasarkan informasi
di atas, berikut ini pembagian jenis optimisasi SEO berdasarkan tingkat
kesulitannya:
- Optimisasi Tingkat Dasar
- Optimisasi
Tingkat Lanjut
SEO
Off-Site
SEO
Domain
SEO
Kata Kunci dan Lainnya
PROSES SEO.
Ada banyak cara yang
dipakai para SEO dalam melakukan aktifitas SEO. Misalnya ada yang melakukan
analisa dan riset kata kunci, melakukan optimisasi domain, melakukan optimisasi
kata kunci, optimisasi halaman, dan optimisasi luar-situs. Banyak para SEO yang
sukses dengan cara standar ini jika dilakukan dengan teliti.
Namun, sebagaimana
pendekatan standar yang umum dalam melakukan suatu aktifitas untuk membuat atau
mendapatkan sesuatu yang baru, dan dalam hal ini yaitu mendapatkan ranking yang
terbaik bagi situs web Anda dan akhirnya keuntungan SEO yang Anda bidik, maka
proses yang paling tepat adalah dengan menerapkan fase-fase manajemen
proyek untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan SEO. Fungsi pendekatan manajemen
proyek ini adalah untuk mengetahui semua yang diperlukan dan tidak diperlukan
sebelum memulai pekerjaan SEO, sehingga akan meningkatkan potensi keberhasilan
pekerjaan atau proyek SEO Anda.
Adapun fase-fase dalam
manajemen proyek adalah sebagai berikut:
- Inisiasi
- Perencanaan
- Pengerjaan
- Pemantauan
dan Pengendalian
- Penutupan
Mengapa menggunakan
fase-fase manajemen proyek dalam pengerjaan SEO? Karena manajemen proyek adalah
suatu disiplin ilmu yang sudah diterima di dunia sebagai best practices
dalam menerapkan proses-proses yang paling tepat untuk menghasilkan
sesuatu yang baru, apapun itu, dari yang paling sederhana sampai yang
paling kompleks. Sebagai contoh, semua pengerjaan infrastruktur, desain
otomotif, pelaksanaan event-event oleh EO, bahkan riset dan penerbangan
antariksa semuanya adalah hasil dari manajemen proyek.
Jika untuk hal yang
kompleks saja manajemen proyek mampu dijadikan alat yang tepat untuk
merealisasikan setiap tujuan,
apalagi untuk SEO tentunya. Inilah salah satu sebabnya situs ini bernama semseomanagement.com di
mana semua pelatihan dan praktek IT dan internet marketing dikerjakan dengan prinsip-prinsip dan
pendekatan manajemen proyek.
Itulah sebabnya penerapan disiplin ilmu manajemen proyek bagi pekerjaan
SEO Anda adalah sangat penting agar Anda memiliki arah dan acuan sehari-hari
mengenai apa yang sudah Anda kerjakan, apa yang sedang Anda kerjakan, dan apa
yang harus dikerjakan selanjutnya. Sehingga Insya Allah tujuan, manfaat, dan
keuntungan dari aktifitas SEO Anda tercapai dengan baik dalam koridor waktu,
biaya, dan ruang lingkup kerja yang sudah direncanakan sebelumnya.
THANK'S A LOT TO :) :
https://www.maxmanroe.com/apa-itu-seo-apa-manfaat-search-engine-optimization-bagi-sebuah-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar